Kamis, 14 Februari 2019

Apa itu TRELLO

Assalamu'alaikum Wr. Wb.




A. PENDAHULUAN

     Trello merupakan aplikasi yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan.
 B. LATAR BELAKANG
 
       Penggunaan trello pentingketika kita menggunakan untuk memanajemen suatu pekerjaan.
 C. MAKSUD DAN TUJUAN
    Memahamicara penggunaan trello.

D. JANGKA WAKTU

 Waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari materi ini tergantung dari kemampuan diri kita masing-masing. Kalau saya membutuhkan waktu sekitar  4 jam.

E. ALAT DAN BAHAN

    -Koneksi internet
    -PC
   

F. PENGULASAN MATERI


Apa saja yang bisa anda lakukan dengan Trello?

Trello lebih dari sekedar membuat daftar belanja. Sebelum kita mulai membahas cara menggunakan Trello, perlu kita sama-sama ketahui dulu hal ini. Bisa jadi Trello akan mengubah hidup anda jadi lebih baik dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Berikut gambar umum apa saja yang bisa anda lakukan dengan Trello.

1. Melihat kemajuan pekerjaan anda

Entah itu anda masih duduk di bangku SMA atau kuliah maupun bekerja, pastinya ada memiliki tugas atau pekerjaan yang harus anda lakukan. Trello dapat membantu anda melakukan hal tersebut dan bahkan anda bisa mengatur deadline kapan tugas tersebut harus selesai.

2. Menyimpan informasi apapun

Mulai dari daftar belanja, resep masakan, hingga catatan pribadi bisa anda lakukan dengan mudah. Tidak hanya tulisan, anda juga bisa menambahkan gambar untuk memperjelas catatan anda.

3. Berdiskusi dengan keluarga bahkan teman kantor

Aspek inilah yang membuat Trello bisa anda gunakan untuk berbagai hal. Misalnya anda memiliki rencana merayakan ulang tahun anak anda yang paling kecil, anda bisa mengundang anak pertama dan istri anda untuk merencanakan ulang tahun tersebut. Selain untuk keperluan keluarga, tentu keperluan kantor untuk pekerjaan juga bisa anda lakukan.

4. Berbagi

Karena bisa mengundang keluarga dan teman, anda juga bisa membagi apapun tulisan dan catatan yang anda buat ke orang lain dengan mudah. Sebagai contoh jika dirasa pekerjaan anda terlalu berat, anda bisa meminta teman kantor anda untuk membantu pekerjaan.

Cara menggunakan Trello

Setelah anda paham apa saja yang bisa anda lakukan dengan Trello, mari kita bahas bagaimana cara menggunakan Trello. Anda harus mendaftar terlebih dahulu di Trello sebelum bisa menggunakannya. Setelah mendaftar, silahkan masuk dengan akun yang baru anda buat.
Untuk membantu kita bisa lebih memahami dengan cepat, Trello menggunakan 3 istilah, yaitu Boards, List, dan Cards. Selain itu, penulis akan langsung menggunakan studi kasus dalam menggunakan Trello. Studi kasusnya yaitu menulis untuk blog ini.

Boards

Boards atau bahasa indonesia-nya yaitu papan menandakan pekerjaan atau proyek apa yang saat ini anda kerjakan. Karena studi kasusnya kali ini adalah menulis di blog ini, maka penulis berikan tema board-nya adalah “Menulis Windowsku”. Silahkan sesuaikan dengan tugas atau proyek yang anda kerjakan.
Tombol Membuat Board Baru Trello
Cara membuat board baru di Trello adalah klik “Boards” pada pojok kiri atas browser anda dan klik “Create new board…”





Berikan nama board anda. Anda juga bisa memilih tampilan board anda seperti apa di gambar bagian kanan. Jika sudah, klik “Create Board”. Board untuk proyek “Menulis Windowsku” sudah kita buat. Tentu saja silahkan anda buat sesuai proyek atau tugas yang anda kerjakan saat ini.
Langkah selanjutnya dalam cara menggunakan Trello yaitu membuat List.

List

List biasanya digunakan untuk membuat tahapan proyek apa saja yang harus kita perhatikan agar proyek selesai. Tentu hal ini dapat berubah tergantung judul dari board anda.
Membuat List Trello 2
Sangat mudah untuk membuat List. Dibawah dari nama Board anda, silahkan ketik nama List-nya yang akan anda buat. Dalam List atau Daftar kali ini, penulis membuat dengan judul “Daftar Judul Artikel Selanjutnya”. Di dalam List inilah semua judul artikel yang ditulis tercantum. Jika sudah, klik “Add List”.


Sekarang, kita harus memikirkan apa saja tahapan-tahapan agar daftar yang ada di List selesai dilakukan dengan hasil maksimal. Untuk penulis sendiri, saya membuat 3 tahapan lagi setelah penulis selesai membuat judul artikel, yaitu:
  1. “B. Sedang Ditulis” : Berisi daftar artikel yang saat ini sedang dikerjakan.
  2. “C. Diulas Kembali” : Berisi daftar artikel yang di-review sebelum masuk untuk dipublikasikan.
  3. “D. Selesai” : Seluruh daftar artikel yang sudah selesai akan masuk dalam List ini.

Sekian dari saya..

 Wassalamu'alikum Wr. Wb.

0 Comment:

Posting Komentar