Kamis, 10 Januari 2019

MANAJEMEN PROYEK BIDANG IT & PENDIDIKAN

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang MANAJEMEN PROYEK BIDANG IT & PENDIDIKAN.


A. Pendahuluan


     MANAJEMEN PROYEK BIDANG IT & PENDIDIKAN adalah sebuah struktur yang mengatur sebuah kegiatan di bidang it dan pendidikan yang mengatur jalannya sebuah proyek agar proyek tersebut tidak rentan terhadap masalah. Dan artikel ini saya buat supaya kita tau seluruhnya apa itu MANAJEMEN PROYEK BIDANG IT & PENDIDIKAN.


B.LATAR BELAKANG


Dengan adanya sebuah manajemen saat kita melakukan sebuah proyek kita bisa terarah dan hasilnya pun bisa kita perkirakaan hasilnya jika tidak terjadi sebuah kendala yang sifatnya berhubungan keadaan alam


C.MAKSUD DAN TUJUAN


Dengan adanya sebuah manajemen saya harap para it dan para siswa siswi terutama siswa siswi yang sedang prakerin bisa mengetahui apa itu manajemen proyek dan para it pun setiap harinya bisa meminimalisir terjadi sebuah pengangguran tanpa ada kerjaan dan bagi para siswa siswi pun bisa selalu aktif dalam belajar dan bisa mengoptimalkan illmu yang dapat di dapat dan dapat menambahkan wawasan


D.JANGKA WAKTU YANG DI BUTUHKAN


waktu yang di butuhkan untuk mempelajari sepenuhnya tergantung dari kemampuan kita bisa memahami memahami materi tersebut, kalo saya membutuhkan waktu 5 jam untuk memahamin


E.BAHAN


1 buah laptop / pc

ebook manajemen proyek bidang it dan pendidikan

F.PENGULASAN MATERI






Prinsip Umum Manajemen Proyek di bagi menjadi 4 yaitu

  • Planning (perencanan)
  • Organizing (pengorganisasian)
  • Actuating (penggerakan)
  • Controling (pengendalian)


Nah....
Pada kesempatan kali ini. kita akan membahas semua yang berhubungan dengan prinsip umum manajemen proyek .




 OK langsung saja.

Planning (perencanaan)
  • •Planning adalah  perencanaan yang di lakukan atau di buat sebelum berjalannya sebuah proyek tanpa adanya sebuah perencanaan maka proyek pun akan susah terarahkan.
    • hal-hal yang harus di perhatikan dalam sebuah perencanaan.
  • •permasalahan yang berkaitan dengan sumber daya yang ada.
  • •cara mencapai sebuah tujuan dan sasaran dengan memperhatikan sumber daya yang ada.
  • •pendetailan sebuah program progam (perincian).
  • •pemenejemen sebuah waktu yang harus di tetapkann sebagai panutan agar waktunya dan hasilnya di dapat dengan secara optimal.

Organizing (pengorganisasian)
  • •pengorganisasian adalah pengelompokan sebuah beberapa orang agar bisa dapat saling bekerja sama dalam satu tim dan dapat saling mengemukakan pendapat dan dapat di simpulkan oleh salah seorang yaitu seorang ketua yang bertanggung jawab mengatur anggotanya.
     Fungsi
  • •menumbuhkan rasa kebersamaan dalam sebuah kelompok
  • membantu sebuah pemimpin dalam menjalankan sebuah kegiatan.
  • •mempersatukan sebuah beberapa pemikiran agar bisa menjadi satu buah pemikiran.
     Mekanisme koordinasi
  • •koordinasi vertikal ( koordinasi yang mekanismenya di dalam sebuah koordinasi diagonal ).
  • •koordinasi horisontal ( koordinasi yang interaksinya sama levelnya ).
  • •koordinasi diagonal ( koordinasi yang interaksinya berbeda level tetapi di luar fungsi komando ).

Actuating (penggerakan)
  •  penggerakan adalah pengajakan seseorang agar orang tersebut mau melakukan sebuah kegiatan sesuai dengan rencana yang sudah di tentukan
     Metode mengsukseskan
  • menghargai apapun tugas dari kelompok tersebut
  • seorang pemimpin harus mempertimbangkan pegawainya agar pegawainya dapat bekerja dengan optimal
  • pembuatan pedoman yang jelas, singkat, mudah di fahami agar mudah di laksanakan pegawainya
  • mempraktekannya agar semua pegawai bisa melakukannya
  • dll
Controlling (pengendalian)
  •  kegiatan guna menjamin pekerjaan yang telah di laksanakan agar sesuai dengan rencana
     Ruang lingkup kegiatan
  • produk pekerjaan, baik secara kualitatif / kuantitatif
  • sumber daya yang di gunakan (manusia, uang, peralatan, bahan)
  • prosedur dan kesimpulan cara kerjanya
  • kebijakan yang di lakukan pada saat pencapaian sasaran
Ciri proyek
  • merupakan suatu paket / rangkaian kegiatan
  • memiliki tujuan khusus (sasaran & kriteria yang jelas)
  • jumlah biaya sudah di tentukan (plafond)
  • jangka waktu pelaksanaan sudah pasti (terbatas, sehingga jadwal kegiatan harus ditentukan)
  • bersifat sementara; umunya dibatasi oleh selesainya waktu. (titik awal dan akhir di tentukannya dengan jelas)
  • non rutin / tidak berulang-ulang
Proyek dan Program
  • proyek adalah sebuah kegiatan yang merupakan bagian dari program
  • program adalah sederetan kegiatan yang akan di lakukan 
  • kalo ada proyek belum tentu ada program, kalo ada program sudah pasti ada proyek
 Konsep Manajemen Proyek Pendidikan
  • manajemen proyek pendidikan: mengatur proyek di bidang pendidikan dengan menggunakan pendekatan manajemen (proyek pendidikan sebagai objek kajian manajemen)
Konsep manajemen
  • manajemen adalah: rangkaian kegiatan (dlm proses memimpin dan mengendalikan kegiatan anggota organisasi) dalam rangkai mencapai tujuan organisasi 
  • cara manajemen: merencanakan jenis maupun bentuk/isi kegitan anggota, mengorganisir, menjelaskan cara melakukan kegiatan anggota, mengorganisir, menjelaskan cara melakukan kegiatan, mengkoordinir dan mengevaluasi.

Proyek dalam Manajemen
  • suatu kegiatan yang bersifat temporer untuk menghasilkan suatu produk atau layanan bersifat unik
  • tempore, berarti tidak terus menerus (rutin)
  • jelas tujuannya: suatu produk / layanan
Manajemen proyek diperlukan
  • supaya target tercapai
  • ingin melkukan perubahan, dan atau pengembangan
  • memerlukan kecepatan (not business as usual)
  • ketiak di butuhkan lintas sektoral, karena tidak dapat dilakukan melalui birokrasi organisasi yang ada
  • untuk mendukung pelaksanaan rencana strategik
  • memerlukan terobosan
Tahapan manajemen proyek
  • tahap identifikasi (inisiasi=tahap memilih /seleksi proyek)
  • desain (perencanaan, pendanaan, penganggaran)
  • implementasi/pelaksanaan (organisasi, penjadwalan, mobilisasi sumber daya)
  • evaluasi: -monitoring - pengendalian 
  • audit proyek
  • terminal: penutupan proyek
Demikian kesimpulan yang saya simpulkan semoga bermanfaat.

G.Hasil yang di dapat


saya dapat memahami apa itu manajemen proyek 

H.Referensi
I.Kesimpulan 

Manajemen proyek di bidang it dan pendidikan itu sangatlah penting tanpa mengetahui manajemen proyek maka seorang it akan susah di terima di perusahaan dan bagi siswa tanpa mengetahui apa itu manajemen maka siswa akan susah beradaptasi dalam dunia sekolah.
Nah itu dulu, kita pahami dan kita jabarkan terlebih dahulu,

TERIMA KASIH

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


2 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus