Selasa, 15 Januari 2019

JENIS JENIS MICROPHONE DALAM SOUND SYSTEM

Assalamu'alaikum Wr. Wb.






A. PENDAHULUAN

       Mikrofon (bahasa Inggris: microphone) adalah suatu jenis transduser yang mengubah energi-energi akustik (gelombang suara) menjadi sinyal listrik. Mikrofon merupakan salah satu alat untuk membantu komunikasi manusia. Mikrofon dipakai pada banyak alat seperti telepon, alat perekam, alat bantu dengar, dan pengudaraan radio serta televisi.

 B. LATAR BELAKANG
 
         Mikrofon merupakan salah satu alat untuk membantu komunikasi manusia. Mikrofon dipakai pada banyak alat seperti telepon, alat perekam, alat bantu dengar, dan pengudaraan radio serta televisi.

 C. MAKSUD DAN TUJUAN
   
          Dengan adanya microphone semoga dapat membantu segala aktivitas manusia, dan menjadikan dunia ini dapat semakin berkembang.

D. JANGKA WAKTU

 Waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari materi ini tergantung dari kemampuan diri kita masing-masing. Kalau saya membutuhkan waktu sekitar 6 jam.

E. ALAT DAN BAHAN

       1 laptop
   

F. PENGULASAN MATERI

   
      Jenis microfon cukup banyak, masing-masing memiliki karakteristik dan ciri yang berbeda satu sama lainnya.
Biarpun demikian, mikrofon memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai tranduser yang mengubah suara menjadi gelombang elektromagnetik berupa sinyal – sinyal listrik.
Baiklah, tidak perlu terlalu lama lagi.
Berikut ini beberapa macam mikrofon yang diklasifikasikan berdasarkan karakteristiknya, cara kerjanya, fungsinya dan juga ukurannya.
Jenis Microphone Berdasarkan Prinsip Kerjanya
Dalam hal ini terdapat 4 jenis mikrofon yang bisa kita uraikan berdasarkan prinsip kerja atau bagaimana proses terjadinya sinyal listrik dari sebuah mikrofon.


1. Mikrofon Kondensor (Condensor Microphone)
Mikrofon jenis ini bekerja dengan menggunakan prinsip kapasitor keping sejajar.
Oleh sebab itu condenser microphone juga disebut sebagai mikrofon kapasitor.
Jenis mikrofon ini tersusun atas dua buah diafragma yang terbuat dari logam yang berdekatan dengan jarak yang sangat dekat.
Satu buah logam dibuat statis dan yang lainnya akan bergetar ketika terdapat gelombang suara yang mengenainya.
jenis jenis mikrofon
Getaran diafragma atau membran akan mengubah jarak antara kedua keping diafragma tersebut.
Sehingga terjadilah perubahan kapasitansi yang berakibat pada perubahan sinyal listrik yang dihasilkan.
Umumnya, mikrofon jenis kondensor ini memiliki ukuran yang cukup kecil, sensitifitas yang tinggi serta bersifat cardioid pada frekuensi tinggi.
Mikrofon jenis kondensor banyak digunakan pada prangkat – perangkat digital karena sensitifitasnya yang tinggi.
Contohnya seperti pada Handphone, Alat Bantu Dengar, Recorder (Alat Perekam) dan juga jenis tertentu digunakan dalam industri musik untuk menghasilkan suara yang jernih dan halus.


2. Dinamic Microhone (Mikrofon kumparan bergerak)
Berbeda dengan jenis mikrofon kondensor.
Dinamic Microphone mengadopsi sistem GGL induksi sebuah kumparan yang digerakkan dalam sebuah medan magnet.
Mikrofon ini tersusun dari sebuah kumparan yang digulung pada material isolator yang kemudian diletakan (direkatkan) ada diafragma.
Kemudian gulungan tersebut dipasangkan pada sebuah celah magnet permanen yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah bergerak.
Gelombang suara yang datang akan membuat membran bergetar dan terjadilah gerakkan maju mundur kumparan di dalam medan magnet.
Dari sini kemudian munculah gelombang elektromagnetik yang menghasilkan sinyal – sinyal listrik. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar beruikut ini :
jenis mic dynamic
3. Piezoelectric Microphone
Mari kita lanjutkan pembahasan jenis jenis mikrofon dan fungsinya selanjutnya yaitu mikrofon piezoelektrik.
Mikrofon jenis ini tersusun dari sebuah kristal aktif yang dapat menghasilkan tegangan ketika mendapatkan respon getaran dari luar.
Prinsip kerjanya adalah ketika gelombang suara datang menabrak membran, kristal – ristal piezoelektrik akan berubah bentuk.
Hal ini akan mengakibatkan perpindahan muatan di dalam susunan kristal yang akan mengeluarkan beda potensial listrik.
Karakter yang cukup unik dari jenis microphone ini yaitu kristal – kirstal piezoelektik dapat menerima getaran secara langsung tanpa menjadikannya sebuah diafragma untuk bergetar.
Dengan demikian respon frekuensi yang dihasilkan lebih baik hal ini tentu akan sangat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.


4. Carbon Microphone (Mikrofon Karbon)
Sesuai dengan namanya, mikrofon ini tersusun atas karbon (carbon) yang berbentuk granule atau butiran- butiran halus.
Karbon tersebut terletak pada dua buah plat dimana satu plat berfungsi sebagai elektroda statis dan yang lain berfungsi sebagai diafragma.
jenis jenis mikrofon
Prinsip kerja jenis mikrofon karbon yaitu perubahan resistansi.
Ketika membran diafragma ditabrak oleh gelombang suara, terjadi perubahan susunan karbon yang kemudian akan berakibat pada perubahan resistansi.
Hal ini kemudian akan berpengaruh pada perubahan output sinyal listrik yang dihasilkan.Nah, itulah beberapa jenis mikrofon dan cara kerjanya yang umum kita jumpai dipasaran.
Sebenrnya masih cukup banyak lagi seperti Liquid Microphone, Fiber Optic Microphone, Ribbon Microphone dan lain sebagainya.
Selanjutnya ada juga beberapa jenis mikrofon yang kita kelompokkan atau klasifikasikan berdasarkan penggunaanya.




Jenis Mikrofon Berdasarkan Penggunaanya

Ada beberapa mikrofon yang bisa kita klasifikasikan berdasarkan cara penggunaanya atau spesifikasi fungsi. Berikut beberapa jenis microphone yang dimaksud.


1. Personal Microhone
jenis jenis mikrofon
Biasanya digunakan oleh personal, satu orang satu mikrofon. Contoh pengaplikasian mikrofon jenis ini seperti pada reporter, pilot, pembawa acara, pembawa berita dan yang sejenisnya.
Umumnya berukuran kecil dan dilengkapi dengan penjepit atau satu sistem yang fleksibel pada saat digunakan.
2. Recording Microphone
jenis jenis mikrofon
Mikrofon jenis ini digunakan untuk recording atau rekaman. Ada banyak prores perekaman suara dan yang paling umum kita temukan yaitu pada industri musik.
Mikrofon recording dibuat dengan sangat sensitif dan sedikit noise. Tidak bisa dipastikan jenis mikrofon yang digunakan namun biasanya mikrofon kondensor atau piezoelektrik.
3. Handle Microphone
jenis jenis mikrofon
Umumnya digunakan di lokasi yang luas seperti tempat terbuka, auditorium besar, dan juga pada saat upacara – upacara di lapangan.
Umumnya menggunakan jenis mikrofon dinamik yang memiliki karakteristik suara yang tebal dan dominan pada frekuensi low dan medium.
Kalau kita mau mengupas lebih dalam tentang jenis mikrofon dan fungsinya ini, kita akan dapati banyak sekali macam dan jenis mikrofon yang bisa kita dapatkan dan klasifikasikan.
Namun intinya adalah, penggunaan mikrofon hendaknya disesuaikan dengan jenis dan karakteristiknya. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan suara yang maksimal dan sesaui dengan yang diharapkan.









jenis jenis mikrofon.
Itu saja yang mungkin bisa saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat.


TERIMA KASIH


Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 Comment:

Posting Komentar